Pages

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Pengikut

RSS

Informasi Mengenai ISP (Internet Service Provider)

Informasi Mengenai ISP ( Internet Service Provider )
Internet service provider merupakan suatu pelayanan yang menyediakan internet. Bagaimana sebuah ISP mampu menyediakan layanan internet untuk pelanggan? sebuah ISP lokal pada gilirannya juga berlangganan pada ISP lain yang lebih besar (ISP global). jadi ISP Indonesia juga berlangganan pada ISP global, seperti misalnya di singapura. di Indonesia terdapat suatu lembaga yang menaungi perusahaan-perusahaan ISP, yaitu APJII (Asosiasi Penyelenggaraan Jasa Internet Indonesia). seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, untuk koneksi ke internet kita memerluka ISP. masing-masing ISP memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. ISP pertama di Indonesia adalah http://www.bozz.com yang ada sejak tahun 1996. sebelum memutuskan ISP mana yang kita pilih, kita harus mempelajari dahulu kelebihan dan kekurangan masing-masing ISP tersebut.
Peran ISP ( Internet Service Provider )  
Ø Peran ISP dalam pengaksesan internet antara lain :
·         Sebagai media yang memberikan jasa untuk berhubungan dengan internet.
·         Menghubungkan pelanggan ke gateway internet terdekat.
·         Menyediakan modem untuk dial-up.
·         Menghubungkan seorang user ke layanan informasi World Wide Web (www).
·         Memungkinkan seorang user menggunakan layanan surat elektronik (e-mail).
·         Memungkinkan seorang user melakukan percakapan suara via internet.
·         Memberi tempat untuk homepage.
·         ISP melakukan proteksi dari penyebaran virus dengan menerapkan sistem antivirus untuk pelanggannya.

Ø Peran Internet Service Provider (ISP)
ISP bertugas untuk memasang jaringan internet dikomputer, dan cara untuk dapat menjelajahi internet melalui komputer kita adalah kita harus menghubungi ISP dengan fasilitas telepon, cukup dendan menghidupkan modem, menekan tombol connect, kemudian komputer kita sudah terhubung dengan ISP. dan kita dapat menjelajahi dunia internet.
Internet Service Provider (ISP) merupakan sebuah badan usaha milik pemerintah dan swasta yang memberikan fasilitas layanan (service) hubungan ke jaringan internet. ISP ada yang bersifat tertutup merupakan ISP yang hanya melayani fasilitas jaringan internet untuk jaringan lokal lembaga yang bersangkutan. Misalnya, ISP yang ada pada beberapa departemen milik pemerintah perusahaan-perusahaan besar, lembaga riset, dan lembaga pendidikan. ISP yang bersifat umum merupakan ISP yang memberikan layanan fasilitas jaringan internet untuk masyrakat luas, baik untuk pribadi maupun untuk kelompok, seperti suatu lembaga yang ingin terhubung dengan jaringan internet. Umumnya, ISP jenis ini bersifat komersial, artinya ISP ini menjual jasa layanan koneksi dengan jaringan internet. Contoh ISP jenis ini adalah WasantaraNet, LinkNet, D-net,TelkomNet, RadNet, dan IndosatNet. Perhatikan, tidak semua ISP dapat berhubungan langsung dengan jaringan internet luar negeri (dunia) karena dana untuk tujuan tersebut sangat mahal. Oleh karena itu, hanya ISP besar yang mampu membangun jaringan internet dengan pihak luar negeri. Untuk menghemat dana, beberapa ISP yang bersifat tertutup tidak melakukan hubungan langsung dengan jaringan internet luar negeri, melainkan melalui ISP bersifat umum. Jadi, untuk menghubungkan diri ke tempat Internet, Anda perlu berlangganan ke suatu penyedia jasa layanan Internet (Internet Service Provider-ISP). ISP dianggap sebagai pintu gerbang untuk menghubungkan diri ke Internet. Anda cukup mencari ISP yang berlokasi di kota tempat tinggal Anda.
Fungsi ISP ( Internet Service Provider )
Fungsi utama ISP adalah menyediakan layanan jaringan internet bagi pelanggannya. Sebagai perusahaan yang menawarkan jasa pelayanan untuk berhubungan dengan internet. Untuk mengakses, kita cukup menghubungi ISP melalui komputer dan modem. Lalu, ISP akan mengurus semua yang diperlukan untuk berhubungan dengan internet.
Cara Kerja ISP ( Internet Service Provider )
Pertama kita harus terhubung atau terkoneksi dengan suatu ISP, entah itu melalui kabel telepon PSTN (Public Switched Telephone Network), ADSL, DSL, wireless, modem, bahkan sateli VSAT. Lalu koneksi dari ISP yang membawa data atau permintaan kita akan diteruskan ke jaringan internet sesuai dengan permintaan data kita yang akan dibaca dan diterjemahkan oleh router (sebuah perangkat yang hanya memeriksa alamat IP Addressing tanpa memperhatikan content data yang lewat). Router inilah yang nantinya akan menentukan arah jalan paket data atau permintaan kita karena Internet diibaratkan jalan yang mempunyai banyak sekali jalan untuk menuju ke suatu tujuan. Karena sifat router yang pintar maka paket data kita akan ditentukan jalan terbaik untuk mencapai tujuan. Router ke Router inilah yang membawa paket data kita dari pc kita ke ISP dari ISP ke NAP (Network Acces Provider) local lalu ke backbone NAP dunia.

http://alandwidharma.com/wp-content/uploads/2012/11/skema-kerja-isp-300x196.gif

Gambar 01. Koneksi Internet Melalui ISP
Lalu setelah paket data atau permintaan kita telah ditentukan oleh Router di ISP kita, maka Router ISP kita akan melewatkan ke Router ISP lainnya (membentuk IIX) atau ke router NAP dengan memperhatikan protocol routing yang digunakan, tujuan yang dituju, error checking dan informasi lainnya yang berguna untuk menyakinkan bahwa datanya akan sampai ketujuan. IIX sendiri atau Indonesia Internet Exchange adalah sebuah kumpulan node koneksi dari seluruh ISP dan NAP yang ada di Indonesia membentuk jaringan komputer yang terpusat , pusat interkoneksi ini berada di gedung Cyber jalan Kuningan barat jakarta. Jadi dengan terkoneksi ke IIX maka paket data yang akan menuju ke Server-server atau layanan yang berada di Indonesia akan langsung dilewatkan ke jaringan local ini tanpa harus melewati routing (pengelamatan) ke backbone internasional yang tidak memerlukan bandwith ke internasional.
Setelah paket data atau permintaan kita tiba di tujuan maka akan diteruskan ke Server atau layanan yang diminta oleh kita, misalnya E-mail, Content Web, DNS,Chatting, dan lain-lain. Terakhir paket data kita di lewatkan kembali dengan membawa jawaban dari server atau layanan tadi yang sangat mungkin sekali paket data atau permintaan yang kita kirim tadi tidak sama jalannya dengan pengiriman balik ke komputer kita yang dikenal istilah packet switching.

Yang Perlu Diperhatikan Dalam Memilih ISP ( Internet Service Provider )
Hal yang perlu diperhatikan dalam memilih ISP

1.    Kapasitas Bandwith
Kapasitas Bandwith adalah kemampuan mengirim dan menerima data sehingga proses akses tidak terhambat. Jika ISP yang dipilih kapasitas Bandwithnya rendah maka proses akses komputer menjadi lambat dan membosankan.
2.    Kapasitas Jaringan 
Kapasitas Jaringan adalah rasio jaringan yang disediakan dengan jumlah pelanggannya. Jika rasio jaringan dengan pengguna ISP tinggi maka akan mempengaruhi kecepatan akses.
3.    Akses pulsa local
Penggunaan pulsa local relative lebih murah daripada menggunakan biaya pulsa luar negeri.
4.    Kehandalan dan Keamanan Jaringan
kehandalan dan keamanan jaringan, juga merupakan hal penting dalam operasional komputer. Saat mengoperasikan komputer, sangat mungkin terjadi gangguan yang menyebabkan terjadinya error jaringan. Hal ini dapat dikarenakan cuaca atau sebab lain yang sering terjadi , seperti seringnya mengirim data penting melalui internet atau bertransaksi melalui internet.
5.    Biaya berlangganan
Saat kita ingin memilih ISP, sudah selayaknya kita juga memperhitungkan dan mempertanyakan terlebih dahulu berapa biaya yang harus kita keluarkan untuk membayar iuran untuk berlangganan pada suatu ISP.
6.    Kecepatan Transfer Data
Kecepatan akses atau transfer data dalam Internet memang sangat penting. Informasi-informasi yang ada di Internet memiliki ukuran atau besar file yang berbeda-beda. Misalnya, untuk menyimpan sebuah halaman web yang hanya berisi teks pasti akan lebih cepat prosesnya dibandingkan menyimpan halaman web yang penuh dengan gambar dan animasi. Terlebih lagi, apabila kita ingin mendownload file video yang lumayan besar ukurannya, pastilah kita memerlukan kecepatan transfer data yang cukup cepat juga.
Untuk mengetahui kecepatan transfer data, kita dapat melihat dari besar Bandwidth-nya. Bandwidth adalah lebar saluran data yang dilewati secara bersama-sama saat mentransfer data. Bandwidth digunakan sebagai ukuran banyaknya informasi yang dapat mengalir dari satu tempat ke tempat lain dalam suatu waktu tertentu. Bandwidth dapat dipakai untuk mengukur baik aliran data analog maupun aliran data digital. Namun, sekarang kata bandwidth lebih sering  dipakai untuk mengukur aliran data digital. Dengan mengetahui bandwidth yang dimiliki oleh suatu ISP, kita akan tahu kemampuan ISP tersebut dalam mentransfer data.
7.    Biaya Akses
Ada bermacam-macam cara perhitungan tarif atau biaya akses Internet yang ditawarkan oleh ISP. Ada yang menggunakan sistem tarif tetap per bulan atau per tahun dengan koneksi limited atau unlimited. Selain itu juga ada yang menawarkan tarif per waktu (time based) atau perkilobit data yang ditransfer (volume based).
Untuk memilih jenis perhitungan tarif, memang tergantung dari bagaimana kita memakai Internet. Jika kita sering memakai Internet untuk mendownload lebih baik kita memakai perhitungan tarif per waktu. Jika kita hanya memakai Internet untuk membaca email, lebih baik kita gunakan tarif per kilobyte. Atau mungkin jika kita ingin menikmati keleluasaan layanan Internet setiap hari, kita dapat memilih tarif tetap perbulan dengan koneksi unlimited.
8.    Teknologi yang Digunakan
Teknologi yang digunakan oleh ISP berbeda-beda sehingga hal ini juga harus diperhatikan. Misalnya, untuk koneksi dial-up, teknologi yang digunakan ISP adalah kompresi data, sehingga memungkinkan transfer data yang
lebih cepat. Ada juga penggunaan teknologi HSDPA (High Speed Downlink Packet Access) untuk koneksi Internet melalui 3G, dengan teknologi ini memungkinkan kecepatan akses hingga 2,6 Mbps. ISP di Indonesia Daftar nama-nama ISP yang ada di Indonesia antara lain adalah ASTInet, RADnet, IM2, CBN, Lintas Arta, VIPnet, Elnusnet, dan masih banyak lagi.
Untuk mengetahui ISP lainnya yang ada di Indonesia, kunjungilah alamat
www.apjii.or.id Info dot com52 TIK SMP/MTs Kelas IX
9.    Fitur dan Layanan
Pengaksesan Internet membutuhkan administrasi, konfigurasi, dan perawatan jaringan yang terus-menerus. Biasanya ISP memberikan layanan tersebut. Kita juga perlu tahu apakah ISP memiliki fasilitas account e-mail atas nama pelanggannya dan berapa besar ruang mail yang disediakan. Selain itu, biasanya beberapa ISP juga menawarkan layanan seperti VoIP, radio broadcasting, download file, dan sebagainya yang dapat menjadi nilai tambah yang harus kita perhatikan.
10.  Kepuasan Pelanggan
Dalam memilih ISP, mungkin kita juga perlu melakukan survey pada konsumen lain yang telah menggunakan layanan ISP tersebut. Untuk melakukan
survey, kita dapat memanfaatkan forum ataupun mailinglist tentang layanan suatu ISP. Dengan demikian kita akan lebih banyak mengetahui bagaimana kualitas layanan dari suatu ISP.
Cara Daftar Ke ISP ( Internet Service Provider )
Ada dua cara untuk mendaftar ke ISP, yaitu dengan cara berlangganan dan tanpa berlangganan. Untuk berlangganan ke ISP tertentu, kita dapat langsung datang ke perusahaan penyedia jasa Internet. Setelah mengisi formulir registrasi, kita akan mendapatkan user name dan password yang nantinya digunakan untuk koneksi ke Internet. Mengenai informasi setting untuk koneksi akan dijelaskan oleh ISP yang bersangkutan melalui buku petunjuk.
Cara koneksi ke internet pada dasarnya terbagi atas 2, yaitu :
1. Melalui Dial-up
·         Cara termudah adalah dengan melalui jaringan telepon. dan ISP yang kita gunakan adalah telkom, karena dengan menggunakan telkom Anda tidak perlu register ke ISP lagi. ISP di Indonesia seperti CBN, Centrin, Radnet, linknet, dll..
·         Namun biasanya menggunakan ISP koneksi internet dapat lebih cepat dan lebih murah. Disini kami akan memberikan contoh langsung akses melalui telkomnet
Langkahnya adalah sebagai berikut :
o   Telah tersedia modem di komputer Anda, jika belum Anda dapat membelinya. Untuk saat ini sudah cukup murah yaitu berkisar dibawah 100rb-an sudah dapat. Modem Dial-up v9 56kb
o   Jaringan Line telepon dari telkom / bukan ratelindo dan lainnya....
o   Kemudian setting di PC Anda adalah di set new connection dan pilih internet with dial up connection Isi dibawah ini yang lain tidak perlu di isi selain yang tertulis dibawah ini :
v Nomor Akses : 0809 8 9999
v User Name : telkomnet@instan
v Password : Telkom
o   Cukup dengan nomor dial up username dan password, langsung Anda dapat connect ke internet• Tarif berkisar : Rp 165,-/menit (sudah termasuk pulsa telepon+ Internet)
o   Kecepatan max : 56 Kbps (V.90)

·         Apakah jaringan telepon saya sudah bisa akses Telkomnet Instan ?Cukup mudah untuk mengetahuinya. Angkat telepon, terus tekan 0809 8 9999 dan tunggu beberapa puluh detik. Jika terdengar bunyi modem (seperti suara faks), maka Anda dapat langsung masuk dunia cyber. Jika belum punya komputer, belilah komputer termasuk modem V.90. Jangan lupa minta toko komputer untuk sekaligus setting Telkomnet Instan. Apabila Anda masih bingung Anda dapat akses OL Telkom.
2. Cara koneksi melalui handphone
·         Anda dapat mendownload file dibawah ini untuk mengetahui cara connect internet dengan menggunakan jaringan handphone khususnya CDMA.
·         Untuk saat ini ada 4 CDMA di Indonesia yang dapat digunakanStar one = Username : startone Password : indosatFlexy = Username : telkomnet@flexi Password : telkomFren = Username : m8 Password : m8Esia = Username : esia Password : esiaSemuanya menggunakan nomor dial yang sama yaitu #777


Contoh ISP ( Internet Service Provider )
GAMBAR

ISP Wire Kabel


ISP Wireless

ISP Wire Kabel 1.jpg
ISP Wireless 1.png
ISP Wire Kabel 2.jpg
ISP Wireless 3.jpg

Ø  ISP Wire Kabel : Speedy
Ø  ISP Wireless : Wireless LAN (WLAN) / Leased line
Contoh ISP : Smartfren, IM2, CBN, ASTInet, RADnet, CBN, Lintas Arta, VIPnet, Elnusnet, dan masih banyak lagi.
Contoh Dial Up : Telkom Flash
Perbadaan Kelebihan dan Kekurangan
Kelebihan dan Kekurangan ISP Wire kabel & ISP Wireless
Sebagai contoh, kita ambil salah satu ISP Telkom yang sudah sering kita dengar dengan nama Speedy.
Speedy
Ø  Kelebihan :
Ø Murah meriah
Ø 90% daerah di Indonesia sudah tercover
Ø Tidak ada investasi apa-apa (karna peralatan semua dipinjamkan oleh pihak Telkom)
Ø dll

Ø  Kekurangan :
Ø Lambat (Waktu pertama coba emang cepat, tapi lama kelamaan lamot)
Ø Banyak trouble
Ø Tergantung dari bagus-jeleknya saluran telpon di daerah kamu
Ø Pelayanan kurang profesional
Ø Kalo lagi bermasalah, speedy jarang dikasih tau kemana harus sharenya
Ø dll

Wireless
Ø  Kelebihan :
Ø Kalo lagi bermasalah, biasanya dikasih tau kemana harus share kemana
Ø Cukup cepat kalo lagi tidak hujan
Ø Relatif murah (untuk penggunaan komputer diatas 5 unit)
Ø Pelayanan profesional

Ø  Kekurangan :
Ø Mudah dibajak.
Ø Kecepatan wireless bergantung dengan cuaca, kalau hari hujan deras      kecepatannya melemah(kurang)
Ø Investasi awal mahal (karna ISP tidak meminjamkan tower)
Ø Harus pilih-pilih ISP (karena tidak semua area dicover sama mereka)
Ø Tergantung jarak lokasi kita ke gelombang terdekat (semakin jauh jaraknya, semakin tinggi tower yang harus dibangun)
Ø Tergantung halangan yang ada disekitar (apakah ada pohon tinggi atau gedung raksasa)

Smartfren
Ø  Kelebihan :
·         Murah
·         Koneksi paling cepat dikelasnya
·         Tersedia banyak pilihan jenis paket

Ø  Kekurangan :
·         Jumlah BTS masih belum merata disemua wilayah tanah air.
·         Sering tidak stabil.
Telkom Flash
Ø  Kelebihan :
·         Jaringannya cukup luas
·         Banyak menyediakan bermacam paket koneksi
·         Kecepatan koneksi tidak diragukan lagi
                                    
Ø  Kekurangan :
·         Ketika registrasi atau saat mendaftar untuk memilih paket, terkadang suka lama






















DAFTAR PUSTAKA
Sekar Ajeng. 2013. Informasi ISP ( Internet Service Provider ), http://sekarajeng26.blogspot.com/2013/01/isp-internet-service-provider.html, ( diakses 22 Januari 2013 )
Ainaqzha. 2011. Peran ISP ( Internet Service Provider ),             http://ainaqzha.wordpress.com/2011/11/30/fungsi-dan-peran-isp/, ( diakses 30 November 2011)
Tanya Jawab. 2010. Fungsi ISP ( Internet Service Provider ), http://www.google.co.id/tanya/thread?tid=4a511b2325f28283, ( diakses 05 Mei 2010)
Alan Dwi Dharma. 2012. Cara Kerja ISP ( Internet Service Provider ), http://alandwidharma.com/cara-kerja-isp-internet-service-provider/, ( diakses 11 November 2012)
Loisa Septania. 2011. Yang Perlu Diperhatikan Dalam Memilih ISP ( Internet Service Provider ), http://loizazeptania-likerainbow.blogspot.com/2011/11/hal-yang-perlu-diperhatikan-dalam.html, ( diakses 14 November 2011 )
Arif Dwi Armawan, Mashadi. 2010. Yang Perlu Diperhatikan Dalam Memilih ISP ( Internet Service Provider ), Jakarta: CV Aneka Ilmu.
Arif Dwi Armawan, Mashadi. 2010. Cara Daftar Ke ISP ( Internet Service Provider ), Jakarta: CV Aneka Ilmu.
Hafiz Fauzi. 2009. Cara Koneksi Ke ISP ( Internet Service Provider ), http://aksel-hafizfauzi.blogspot.com/2009/12/10-alamat-isp-dgn-kelebihan-dan.html, ( diakses 13 Desember 2009)
Hafiz Fauzi. 2009. Contoh ISP ( Internet Service Provider ), http://aksel-hafizfauzi.blogspot.com/2009/12/10-alamat-isp-dgn-kelebihan-dan.html, ( diakses 13 Desember 2009)
Adiptr. 2010. Contoh ISP Wireless, http://adiptr.blogspot.com/2010/09/contoh-isp.html, ( diakses 03 September 2010)
Arif Dwi Armawan, Mashadi. 2010. Contoh ISP ( Internet Service Provider ), Jakarta: CV Aneka Ilmu.
Hafiz Fauzi. 2009. Perbadaan Kelebihan dan Kekurangan, http://aksel-hafizfauzi.blogspot.com/2009/12/10-alamat-isp-dgn-kelebihan-dan.html, ( diakses 13 Desember 2009)
10:32. Perbadaan Kelebihan dan Kekurangan ISP Smartfren, http://www.exnim.com/2013/06/kelebihan-dan-kekurangan-isp-smartfren.html, ( diakses 10:32 )

Wordpress. Perbedaan Kelebihan dan Kekurangan Dial Up Telkom Flash, http://transform22.wordpress.com/info-berita/koneksi-internet-dial-up-xl-vs-telkomsel-flash/

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 komentar:

PKL mengatakan...

Terimakasih infonya mengenai ISP yang sangat membantu saya...
Cek juga Paket data termurah

SilentTutorial mengatakan...

Gud :v

Posting Komentar